- Konsumen : Seseorang yang membeli roduk atau jasa
- Perilaku konsumen : Proses pembelian suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
Dua wujud konsumen :
- Personal Consumer : Seorang konsumen membeli suatu produk dan jasa hanya untuk kepentingannya sendiri
- Organization Consumer : Seorang konsumen membeli suatu produk dan jasa untuk kepentingan organisasi.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
- Faktor sosial : Grup, familly influence, roles and status.
- Faktor personal : Economic situation, lifestyle, Personality and self concept, age and life cycle stage, occupation.
- Faktor psychological : Motivation, percepton, learning. beliefs and attitude.
- Faktor cultural : subculture, sosial class,
- Keputusan pembelian
Pendekatan perilaku konsumen :
- Teori Kardinal : Dapat dihitung secara nominal
- Teori Ordinal : Teori ini menggunakan kurva indiferensi. Kurva indiferensi adalah mengkonsumsi dua barang yang berbeda secara bersamaan sehinggu menimbulkan kepuasan maksimal.
Perilaku konsumen Indonesia :
- Berpikir jangka pendek : Kebanyakan konsumen Indonesia membeli suatu barang hanya dengan berpikir singkat tidak mempertibangkan hal lainnya.
- Tidak terencana : Seringkali kita jumpai bahwa para konsumen indonesia membeli suatu barang tanpa direncanakan.
- Suka berkumpul.
- Gagap teknologi.
- Berorientasi pada konteks : Konsumen Indonesia cenderung membeli suatu barang hanya dengan melihat tampilan luar tanpa tau manfaat sebenernya barang tersebut.
- Suka buatan luar negeri : Tidak jarang kita jumpai konsumen Indonesia mencintai karya luar negeri, mungkin karena mengikuti trend, atau karena faktor lainnya.
- Beragama.
- Gengsi : Dikarenakan gengsi maka para konsumen akhirnya memberi suatu produk agar tidak ketinggalan jaman.
- Budaya lokal.
- Kurang peduli lingkungan.
0 komentar:
Post a Comment