Wednesday, March 21, 2012

Resume 4 : Struktur Pasar

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi pembeli dan penjual dari suatu barang dan jasa tertentu.
Pasar dapat dikelompokan menjadi :

  1. Pasar Tradisional
  2. Pasar Raya
  3. Pasar Swalayan
Struktur pasar adalah penggolongan produsen menjadi beberapa bentuk dasar. Jenis struktur pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

  • Pasar persaingan sempurna : Pasar yang penjual dan pembelinya tergolong banyak. Pasar ini biasa menjual kebutuhan primer atau pasar yang menjual sembako.
  • Pasar persaingan tidak sempurna : 
    1. Pasar Monopoli : Pasar yang biasanya ditandai oleh hanya seorang produsen tunggal dan bisa mendapat keutungan diatas keutungan harga normal. Pasar ini mengahsilkan produk yang tidak ada barang subtitusinya/penggantinya. Di pasar ini juga promosi iklan tidak sangat diperlukan.
    2. Pasar Monopolistik : Struktur pasar yang para produsennya menghasilkan atau menjual barang yang  berbeda corak. Oleh karena itu terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar tersebut. Perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah masuk dan mudah untuk keluar juga. Keunggulan dari pasar Monopolistik adalah Pasar ini sangat mudah dijumpai oleh konsumen dikarenakan sebagian besar kebutuhan seharihari terdapat di pasar ini. Namun kelemahan dari pasar ini adalah tingkat persaingan begitu tinggi dari segi harga, kualitas, dan pelayanan.
    3. Pasar Oligopoli : Struktur pasar yang hanya sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output produksi. Pasar oligopoli ada dua jenis yaitu pasar oligopoli kolusif dan pasar oligopoli non kolusif. Jenis-jenis pasar oligopoli : Pasar oligopoli (pure olygopoli) murni yaitu pasar yang menjual barangnya dan bersifat identik, pasar oligopoli dengan pembedaan (diferentied oligopoly) yaitu pasar dimana barang yang dierdagangkan dapat dibedakan.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright 2009 GOTCHA !. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates