Saturday, January 5, 2013

Proposal Penulisan Ilmiah


Nama               : Nazela Subhita
Kelas               : 3KA08
NPM               : 14110931
Judul               : Pengaruh Komputer Terhadap Kesehatan Mata

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kehidupan jaman sekarang tidak jauh dari kemajuan teknologi. Teknologi semakin maju dan semakin berkembang setiap harinya. Bahkan perkembangan teknologi pada masa kini terlampau sangat cepat sekali.
Oleh karena itu tidak jarang para remaja menggunakan teknologi untuk media pembelajarannya. Contohnya saja yang paling sering digunakan para remaja yaitu komputer dah handphone atau telepon genggam.
Jaman Sekarang siapa yang tidak mengenal Komputer. Hampir semua orang bisa menggunakannya. Mulai dari hanya sekadar bermain game, browsing di internet, mengirim surat elektronik sampai melakukan pekerjaan serius.Banyak pekerjaan yang membutuhkan campur tangan komputer. Sepertinya komputer membantu manusia dalam banyak hal.
Namun tidak selamanya komputer itu baik. Terlalu lama berada di depan komputer dapat merusak mata anda.
Penglihatan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam seluruh aspek kehidupan. Meskipun fungsinya bagi kehidupan manusia sangat penting, namun sering kali kesehatan mata kurang terperhatikan, sehingga banyak penyakit yang menyerang mata tidak diobati dengan baik dan menyebabkan gangguan penglihatan (kelainan refraksi) sampai kebutaan. 
Oleh karena itu saya berniat untuk mengkaji lebih dalam mengenai dampak “Pengaruh Komputer Terhadap Kesehatan Mata”.

1.2  Rumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penulisan, adalah :
1.      Apa itu pengertian komputer?
2.      Bagaimana dampak negative dari dikarenakan terlalu lama di depan komputer?
3.      Bagaiamana bahaya radiasi monitor komputer terhadap kesehatan mata?
4.      Bagaimana caranya agar mata tidak lelah di depan komputer?

1.3  Tujuan Penulisan
        Adapun dibuatnya tulisan ini adalah bertujuan untuk :
1.      Untuk lebih memahami apa itu komputer.
2.      Untuk mengetahui dampak negative dari pemakain komputer yang terlalu lama.
3.      Mengetahui bahaya dari radiasi komputer terhadap kesehatan mata.
4.      Mengetahui cara agar mata tidak cepat lelah bila sedang menggunakan komputer.

1.4  Manfaat Penulisan
        Adapun manfaat penulisan ini adalah :
1.      Untuk menambah wawasan bagi penulis dan pembaca.
2.      Sebagai bahan refrensi untuk pembaca.
3.      Untuk mengetahui seberapa penting kesehatan mata kita.


BAB 2
LANDASAN TEORI
A.    Pengertian Komputer
Komputer dalam bahasa inggris disebut to compute yang berarti orang yang sedang menghitung, sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan computare yang berarti menghitung. Komputer seperti yang telah kita ketahui merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memiliki banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas. Sebelumnya pada masa Perang Dunia ke-2 pengertian komputer adalah suatu mesin mekanis yang berfungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika. Selain itu komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, kemudian mengolah data, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input > Proses > Output).  Komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, komputer menjadi suatu bagian yang penting bagi setiap kehidupan manusia karena lewat komputer kita bisa melakukan berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan untuk mempersingkat waktu pekerjaan tersebut. Komputer tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa menggunakannya, mereka bisa belajar sambil bermain.

      A.1 Dampak Negatif dari Menggunakan Komputer Terlalu Lama
             Beberapa akibat negatif dikarenakan terlalu lama di depan komputer :
1.      Pancaran radiasi yang disebabkan oleh gelombang beta pada monitor dapat menyebabkan kerusakan pada retina
Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pancaran radiasi gelombang beta yang ditimbulkan oleh monitor komputer. Perlu diketahui, monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah (grup metalloids) yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah.
Pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20 tahun. Kerusakan pada mata tidak bersifat langsung, tetapi bersifat gradual. Untuk pencegahannya, setiap 3 jam Anda melakukan kegiatan di depan komputer, biasakan Anda untuk mengistirahatkan mata Anda dengan cara menutup mata selama 5menit.
2.      Tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu gelap tidak baik untuk kesehatan mata
Sebagai informasi, tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah.
Untuk pencegahannya, Anda harus menyesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Anda juga harus menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca dan mata Anda akan menjadi lebih nyaman.
3.      Adanya kelelahan mata, pandangan menjadi kabur, dan mata kering.
Untuk mengatasi hal ini, mata tidak boleh terus-menerus melihat ke arah komputer tanpa pernah diistirahatkan. Sesekali kita harus mengistirahatkan mata kita dengan cara memalingkan mata kita ke arah tanaman hijau.
Selain itu, mengedipkan mata juga merupakan cara untuk menjaga agar mata tidak kering, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea. Air mata itulah yang akan membuat mata tetap lembab dan jernih. Untuk menjaga agar mata tetap sehat, perbanyak juga konsumsi vitamin A dan jangan memandang terlalu lama dengan pandangan mata yang terlalu dekat ke arah monitor Anda.

       A.2 Bahaya dari Radiasi Komputer Terhadap Kesehatan Mata
Monitor komputer menghasilkan beberapa jenis radiasi, yang kesemuanya tidak dapat diderai oleh panca indera kita. Adapun gelombang gelombang dan radiasi yang dihasilkan oleh sebua monitor adalah (Dipa, 1994):
1.      Sinar X
2.      Sinar ultraviolet
3.      Gelombang mikro
4.      Radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah
Radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.
Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

A.3 Cara agar Mata Tidak Cepat Lelah bila sedang menggunakan Komputer.
Untuk mengurangi efek radiasi itu, ada beberapa tips yang dapat anda coba saat berada dalam waktu yang lama di depan monitor;

1.      Jaga jarak pandangan
Disarankan anda jangan terlalu dekat dengan monitor karena akan sedikit membahayakan kesehatan mata anda. Sebaiknya anda mengatur jarak tubuh hingga sekitar 20 – 40 inci atau 50 – 100 cm dari monitor. Jika pada saat sudah berjarak sekitar 50 cm dari monitar anda merasa kesulitan membaca layar, anda dapat memperbesar fonts sehingga anda merasa nyaman.
2.      Gunakan LCD
Gantilah monitor tabung (CRT) yang anda gunakan dengan LCD, karena menurut penelitian, monitor tabung ternyata memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan dengan LCD. Selain itu, energy yang dibutuhkan oleh monitor tabung juga lebih besar, sehingga bila anda beralih menggunakan LCD akan lebih hemat energy. Namun kalau anda masih ingin menggunakan monitor tabung anda, cobalah untuk memasang filter-antiradiasi yang akan membantu anda mengurangi radiasi dari monitor anda.
3.      Sesuaikan setting monitor
Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti layar setting mereka. Pre sett tersebut biasanya akan memberikan level brightness yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Nah, anda dapat memanfaatkan kemudahan itu dengan mengubah settingan dari “game atau “movie menjadi “text” atau “internet” yang akan terasa lebih sejuk di mata saat anda sedang browsing atau hanya mengetik.
4.      Gunakan kacamata anti radiasi
Walaupun hal ini membutuhkan biaya yang relative mahal, namun ada baiknya saat anda bekerja dalam waktu yang lama di depan monitor anda menggunakan kacamata anti radiasi yang akan melindungi mata anda dari radiasi cahaya yang berlebih. Karena faktanya lapisan anti-radiasi yang terdapat pada kacamata tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada mata anda saat terkena radiasi cahaya dari layar monitor anda.
5.      Berkedip
Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan dan mengurangi rasa nyeri pada mata anda adalah dengan berkedip. Saat anda sedang serius mengerjakan sesuatu atau bermain game kadang anda akan lupa mengedip karena anda terlalu berkonsentrasi. Padahal dengan mengedip, mata anda anda terlumasi oleh cairan mata dan hal ini akan meringankan dan melemaskan otot-otot disekitar mata anda.
6.      Lihat ke luar jendela
Agar mata anda tidak terlalu tegang larena menatap computer atau laptop terlalu lama, ada baiknya anda melihat keluar jendela, karena hal ini akan menyesuaikan kembali jarak pandang anda. Sebab, terlalu lama melihat dalam jarak dekat akan membuat kemampuan melihat jarak jauh anda akan berkurang, jadi biasakanlah untuk sesekali melihat keluar dan menikmati pemandangan yang tersaji melalui jendela untuk merelaksasikan mata anda.

B.     Hipotesa

Komputer merupakan peralatan yang selalu digunakan dalam setiap pekerjaan kantor, pabrik, kegiatan belajar mengajar bahkan dirumah-rumah pun sekarang sudah disediakan komputer, sehingga banyak orang harus bekerja di depan monitor komputer sepanjang hari. Untuk dapat melihat dengan jelas dan berakomodasi, mata kita dilengkapi tiga otot eksternal yang mengatur gerakan bola mata. Ketiga otot ini pulalah yang akan bekerja keras ketika anda bekerja selama di depan komputer. Bila sudah terlalu lelah, otot - otot mata akan semakin berkurang kekuatannya dan kemampuan fokus mata pun akan menurun. Bukan tidak mungkin Anda akan mengeluh sakit kepala, penglihatan menjadi kabur secara permanen sehingga harus memakai kacamata, ataupun malah menambah ukuran minus / plus kacamata anda.

BAB 3
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Duduk berlama-lama didepan komputer memang mengasyikkan, baik itu memang sebagai sebuah pekerjaan atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Tidak jarang kita mampu duduk didepan komputer sampai berjam-jam tanpa istirahat. Apalagi sekarang di dunia internet banyak terdapat social network (jejaring sosial). Selain itu, bagi para pengemar game, baik game-game instalan di komputer atau game online yang banyak beredar di dunia internet juga menjadi sebab utama kita mampu bertahan lama didepan komputer. Kalau kita duduk berlama-lama di depan komputer, tanpa disadari mata menjadi berair dan terasa pedih.
Oleh karena itu, agar kita tidak merusak diri kita sendiri kita wajib mengontrolnya atau kita batasi waktu untuk berlama-lama di depan komputer. Karena kesehatan adalah suatu yang berharga dan tak terbayar harganya, termasuk kesehatan mata kita juga.

3.2  Saran
Diharapkan agar masyarakat tidak mengabaikan kesehatannya sendiri termasuk kesehatan mata kita sendiri. Karena ada pepatah “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati” jadi artinya kita harus berusaha mencegah agar tidak terjadi suatu penyakit daripada kita harus sakit dan membutuhkan biaya yang banyak.


DAFTAR PUSTAKA









0 komentar:

Post a Comment

Copyright 2009 GOTCHA !. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates